Sabtu, 08 Agustus 2009

Komponen Tanah

Tanah Mineral yang dapat berfungsi sebagai media tumbuh ideal secara material tersusun oleh empat (4) komponen, yaitu bahan padatan (Mineral dan Bahan Organik), air dan Udara. Berdasarkan volumenya, maka tanah secara rerata terdiri dari : (1) 50 % padatan, berupa 45 % bahan mineral dan 5 % bahan organik, dan (2) 50 % ruang pori, berisi 25 % air dan 25 % udara.

 

 


 

 

 

 


Udara 25%

 

 

 

 

 

 


Khusus untuk tanah gambut yang banyak tersebar dikawasan rawa Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Kalimantan dan Papua, komposisi ini relatif berlainan, karena bagian padatannya 100 % dapat berupa bahan organik, sedangkan ruang porinya 100 % dapat terisi air, sehingga ketiadaan bahan mineral dan udara pada tanah ini merupakan masalah utama dalam pemanfaatannya menjadi lahan pertanian produktif.

 

Secara alamiah proporsi komponen-komponen tanah sangat tergantung pada :

1.       Ukuran partikel penyusun tanah, makin halus berarti makin padat tanah, sehingga ruang porinya juga akan menyempit, sebaliknya jika makin kasar,

2.       Sumber bahan organik tanah, tanah bervegetasi akan mempunyai proporsi BOT tinggi, sebaliknya pada tanah gundul (tanpa vegetasi).

3.       Iklim terutama curah hujan dan temperatur, saat hujan dan evaporasi (penguapan) rendah proporsi air meningkat (dan proporsi udara menurun), sebaliknya pada saat tidak hujan dan evaporasi tinggi, dan

4.       Sumber air, tanah yang berdekatan dengan sungai akan lebih banyak mengandung air ketimbang yang jauh dari sungai.

0 komentar:

Posting Komentar